SEJARAH TEKNIK TELEKOMUNIKASI
TELKOM UNIVERSITY

Universitas Telkom masih berusia muda. Universitas Telkom didirikan tanggal 17 Juli tahun 2013 sehingga pada tahun 2017, Universitas Telkom baru berusia empat tahun. Dalam usianya yang masih sangat muda, Universitas Telkom telah mencetak prestasi sedemikian rupa. Pada kenyataannya, Universitas Telkom sesungguhnya telah memiliki sejarah yang jauh lebih panjang dari empat tahun itu, hingga mencapai bentuknya seperti sekarang ini. Sejarah yang cukup panjang sebelum terbentuknya Universitas Telkom, telah meletakkan pondasi kuat bagi pendidikan dan kultur yang terbentuk di universitas.

Akar kuat Universitas Telkom adalah Sekolah Tinggi Teknologi Telkom, disingkat STT Telkom, yang didirikan pada tahun 28 September 1990 dan diresmikan Presiden Soeharto. STT Telkom adalah sekolah tinggi gagasan dari Dirut Telkom tahun 1988-1992 yaitu Ir. Cacuk Sudaryanto. Pada awal berdirinya, STT Telkom memiliki tiga kampus. Kampus 1 ada di jalan Soekarno Hatta. Kampus 2 ada di jalan Geger Kalong Hilir, dan Kampus 3 ada di jalan PH. Mustofa atau jalan Suci. Pada tahun 1993, ketiga kampus STT Telkom disatukan dan dipusatkan di jalan Telekomunikasi Kabupaten Bandung, lokasi Universitas Telkom sekarang ini.  Ketika STT Telkom didirikan tahun 1990, sekolah memiliki tiga jurusan, yaitu Jurusan Teknik Elektro, Teknik Informatika, dan Teknik Industri. Dalam Jurusan Teknik Elektro terdapat dua program studi, yaitu program studi S1 Teknik Telekomunikasi dan D3 Teknik Telekomunikasi. Jadi, prodi S1 Teknik Telekomunikasi adalah salah satu dari prodi yang tertua di kawasanpendidikan ini.

Pada tanggal 27 Nopember 2007, untuk memperluas skala perguruan, STT Telkom dikembangkan menjadi Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dan istilah Jurusan Teknik Elektro berubah menjadi Departemen Teknik Elektro (DTE). Hingga tahun 2009, di Departemen Teknik Elektro telah ada 4 (empat) program studi yaitu 6  Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Prodi S1 Teknik Elektro, Prodi S1 Teknik Komputer, dan Prodi D3 Teknik Telekomunikasi. Dengan bertambahnya program studi di lingkungan Departemen Teknik Elektro maka pada tanggal 1 Pebruari 2009 Departemen Teknik Elektro berubah status menjadi Fakultas Elektro dan Komunikasi (FEK).

 

Pada tanggal 14 Agustus 2013, Universitas Telkom secara resmi berdiri dengan terbitnya Surat Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 270/E/0/2013 pada tanggal 17 Juli 2013 dan Surat Keputusan Nomor 309/E/O/2013 tanggal 14 Agustus 2013 tentang penggabungan Politeknik Telkom, Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) dan Institut Manajemen Telkom (IM Telkom) serta STISI Telkom. IT Telkom menjadi Telkom Engineering School (TES), sebuah sekolah dalam Universitas Telkom.

Program studi S1-Teknik Telekomunikasi didirikan untuk mengantisipasi perkembangan pesat teknologi komunikasi dan informasi dimana harus diimbangi dengan kesediaan sumber daya manusia yang mumpuni. Pada proses penggabungan menjadi Tel-U (Telkom University) pada tahun 2013, program studi S1 Teknik Telekomunikasi adalah salah satu program studi dibawah Fakultas Teknik Elektro (FTE). Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi adalah program studi yang mempelajari rekayasa di bidang telekomunikasi. Ruang lingkup rekayasa meliputi aspek-aspek yang terkait dengan teknologi, protokol, layanan, desain dan teknik pengiriman informasi broadband. Agar dapat bersaing dimasa yang akan datang, mahasiswa dibekali pula dengan wawasan kemandirian, kewirausahaan serta kerjasama tim antardisiplin ilmu agar dapat berkompetisi, berkarya, berkontribusi dan mengembangkan diri di komunitas professional. Kurikulum pendidikan di Prodi S1 Teknik Telekomunikasi didesain untuk dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun dan mengacu pada kurikulum berbasis Outcome Based Education (OBE). Jika pada tahun 1990 prodi S1 Teknik Telekomunikasi hanya memiliki puluhan hingga seratusan mahasiswa, maka saat ini Prodi S1 Teknik Telekomunikasi di Fakultas Teknik Elektro memiliki ribuan mahasiswa yang sedang belajar. Saat ini, Program Studi Teknik Elektro menyandang status sebagai prodi terbesar sekaligus prodi yang tertua di Universitas Telkom. Sejak tahun 2014, prodi S1-TT telah terakreditasi BAN PT dengan predikat “A” sesuai dengan surat keputusan BAN-PT No. 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Prodi S1-TT terdaftar pada  7 Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) dengan kode Program Studi 20202 dan kode universitas 041057.