Home » Lab Elkom

Lab Elkom

Laboratorium Elektronika Komunikasi merupakan salah satu Laboratorium Fakultas Elektronika dan Komunikasi IT Telkom yang bergerak pada desain dan implementasi perangkat Radio Frekuensi (RF).
Laboratorium ini dirintis sejak tahun 1997 dan masuk kedalam Kelompok Keahlian Sistem Komunikasi dan Transmisi Telekomunikasi, dimana kegiatannya berupa riset yang dilakukan oleh mahasiswa yang tertarik dengan bidang Elektronika Komunikasi. Lalu laboratorium ini mulai diresmikan pada tahun 2001.
Setelah itu mulai tahun 2001 Laboratorium Elektronika Komunikasi merupakan salah satu laboratorium Jurusan Teknik Elektro, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Fakultas Elektronika dan Komunikasi IT Telkom yang mengimplementasikan kegiatannya dengan melaksanakan praktikum Elektronika Komunikasi bagi mahasiswa S1 Teknik Elektro dan Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Telekomunikasi.
Visi dan Misi Laboratorium :
Visi : Mengembangkan budaya riset di lingkungan kampus IT Telkom dalam bidang RF Circuit Design dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium yang ada.
Misi : Melaksanakan kegiatan praktikum elektronika komunikasi sebagai penerapan teori-teori Elektronika Komunikasi yang didapatkan selama perkuliahan, melaksanakan riset mahasiswa dan dosen dalam bidang desain dan implementasi perangkat radio frekuensi.
Sasaran Jangka Pendek dan Menengah :
Sasaran Jangka Pendek : menyelenggarakan kegiatan praktikum Elektronika Komunikasi untuk program S1 dan D3.
Sasaran Jangka Menengah :
1. Mengadakan riset dalam bidang desain dan implementasi perangkat radio frekuensi.
2. Mengadakan riset dalam bidang pembuatan perangkat kit praktikum Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektro.
3. Mengadakan riset dan implementasi dalam bidang alat ukur radio frekuensi.
4. Mengadakan riset dan implementasi Reciever TV Digital.