Home » Lab Esfera

Lab Esfera

Esfera IT Telkom
Sebuah kampus yang besar membutuhkan media informasi yang dapat memberikan sebuah informasi yang cepat, akurat, dan terpercaya. IT Telkom dalam visi nya untuk menjadi World Class University, menuntut untuk semua civitas akademika yang berada dibawah IT Telkom dapat aktif dan kritis terhadap informasi. Untuk itu Laboratorium CATV yang berada dibawah naungan Fakultas Elektro dan Komumikasi membentuk sebuah wadah informasi yang dapat menampung serta menyalurkan informasi kesemua kalangan kampus yaitu Crew CATV.
Program Crew CATV ini berlangsung selama 2 tahun lamanya. dari program kerja yang terbentuk, terdapat sebuah program kerja yang mengharuskan untuk dibentuknya sebuah TV Kampus. Crew CATV ini bukanlah suatu komunitas ataupun lab, namun dalam perjalannya Crew CATV adalah sebuah Riset yang menfokuskan pada program yang ada diluar program praktikum CATV.
Dari Crew CATV inilah lahir sebuah TV Kampus bernama E-Channel. E-Channel terbentuk karena alasan yang sangat sederhana. nama E-Channel terbentuk karena tempat kerja dan laboratorium CATV berada di gedung E, maka diberilah nama E-Channel untuk TV Kampus yang pertama dibuat. dalam perjalanannya, E-channel tidak terlalu dipublish ke publik karena E-channel masih dalam program Prototype. setelah berjalan tidak lama atau sekitar setengah bulan, E-channel dirasakan butuh sebuah perubahan.
Perubahan inilah yang mendasari kita untuk mengembangkan lebih lanjut program TV Kampus ini. setelah mengalami proses perdebatan yang panjang, ,maka ditetapkanlah sebuah nama TV Kampus IT Telkom, ESFERA. pada awalnya, crew CATV tidak yakin akan adanya TV kampus, tetapi dengan melihat dasar Crew CATV yang dibuat, maka Crew CATV pada saat itu berusaha mati-matian untuk memperjuangkan terlahirnya TV Kampus IT Telkom yang dapat menjadi media Informasi Resmi yang ada di IT Telkom.
Maka pada tanggal 1 Oktober 2010, ESFERA resmi lahir dan di sahkan oleh Rektor IT Telkom, Ir. Ahmad Tri Hanuranto. sebagai TV kampus pertama dan satu-satunya di IT Telkom, ESFERA dituntut untuk memiliki visi, misi, struktur organisasi, program kerja serta program yang dapat mewakili civitas akademika IT Telkom untuk memperoleh informasi. Dibawah direktur utama, Ezra Rahmansyah dan dibantu oleh Direktur yang lain, Crew ESFERA menyususn sebuah program kerja yang sangat representatif untuk memberikan informasi mengenai masalah-masalah yang ada di kampus IT Telkom.
Selain membuat program-program yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada civitas aklademika, ESFERA juga menjalin kerjasama ke beberapa unit yang ada di IT Telkom untuk lebih memberikan dukungan agar ESFERA dapat berkembang.
Harapan kedepannya, ESFERA dapat terus berkembang dan menjadi Stasiun Televisi yang tidak hanya unggul disisi konten edukasi dan informasi saja, tetapi menjadi Stasiun Televisi yang unggul dibidang teknologi informasi yang profesional.
ESFERA, Inspirasi Kita!