KEGIATAN INSTALASI CCTV DI KOMPLEK GBA I BOJONGSOANG

Komplek Griya Bandung Asri I (GBA I), Kecamatan Bojongsoang merupakan salah satu desa yang bertetangga dekat dengan kampus Telkom University.  Kondisi dan profil komplek GBA I masih relatif kurang aman bila dibandingkan dengan komplek-komplek lainnya di Kecamatan Bojongsoang. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya penjagaan di gerbang utama untuk masuk ke komplek GBA I, adapun penjagaan yang seadanya dilakukan tiap cluster. Akhir-akhir ini di komplek GBA I sering terjadi kasus pencurian ataupun gerak-gerik orang yang mencurigakan, sehingga sangat meresahkan warga sekitar. Dari informasi yang didapat dari ketua RT dan warga sekitar, setidaknya telah terjadi 3 kasus pencurian di siang hari [Januari, 2022]. Sehingga dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Kelompok Keahlian Peongolahan Sinyal Informasi (PSI) kali ini akan dibangun sebuah sistem monitoring untuk menjaga keamanan komplek GBA I khususnya pada RT 06 RW 13 dengan memasang CCTV pada beberapa titik lokasi. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan keamanan di komplek GBA I agar warga sekitar tidak resah atas kasus pencurian tersebut.

Masyarakat sasar pada kegiatan pengabdian masyarakat skema reguler pertama tahun 2022 ini difokuskan terlebih dahulu di blok B RT 06/RW 13 dikarenakan kasus pencurian dan beberapa laporan gerak-gerik mencurigakan dari warga sekitar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada:

Hari/Tanggal        : Sabtu, 30 April 2022

Waktu                  : 09.00 – 16.00 WIB

Tempat                : GBA I RT 06 RW 13, Bojongsoang, Kab. Bandung.

Adapun tim panitia yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Syamsul Rizal (Ketua), Koredianto Usman (Anggota I), Nor Kumalasari Caecar Pratiwi (Anggota II), Alex Lianardo (Mahasiswa I), dan M. Ikhwan Khalid N. (Mahasiswa II).

Setelah dilakukan instalasi CCTV, Pengabdian Masyarakat kali ini memberikan hasil yang sangat baik. Dari total 10 keluarga, terdapat 90% keluarga yang berpendapat bahwa kegiatan ini sudah sangat sesuai dengan kebutuhan serta sangat bermanfaat. Dari segi waktu pelaksanaan durasi ±7 jam, durasi ini sudah cukup lama dikarenakan membutuhkan waktu untuk instalasi kamera dan set up receiver. Untuk keberlanjutan kegiatan, 95% keluarga mengharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan kembali diwaktu mendatang.

Berikut adalah hasil survey setelah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Masyarakat:

Gambar 1. Survey Kepuasan Mitra terkait kesesuaian kegiatan

Gambar 2. Surver kepuasan mitra terkait manfaat kegiatan

Gambar 3. Survey kepuasan mitra terkait waktu pelaksanaan kegiatan

Gambar 4. Proses instalasi CCTV di beberapa titik

Gambar 5. Hasil tampilan HP sebagai media monitoring

About the author: goesaditya

Leave a Reply

Your email address will not be published.