Selamat datang di website Prodi S1 Teknik Telekomunikasi Telkom University

Literasi Digital untuk Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMAN 1 Dayeuhkolot Kabupaten Bandung

Pada tanggal 7-12 Agustus 2019 telah dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Literasi Digital untuk Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMAN 1 Dayeuhkolot Kabupataen Bandung”. Mitra dalam kegiatan ┬ápengabdian masyarakat ini adalah SMAN 1 Dayeuhkolot yang merupakan salah satu SMA yang ada di Kabupaten Bandung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh satu kelompok dosen S1 Teknik Telekomunikasi yaitu:

  1. Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, M.T.
  2. Ir. Bambang Sumajudin, M.T.
  3. Nur Andini, S.T., M.T.

Kegiatan ini terdiri dari penyuluhan Literasi Digital untuk Internet Sehat dan Aman serta pelatihan pembuatan blog untuk Siswa SMAN 1 Dayeuhkolot. Penyuluhan Literasi Digital untuk Internet Sehat dan Aman ditujukan kepada seluruh siswa kelas X dan XI SMAN 1 Dayeuhkolot. Penyuluhan ini dilaksanakan pada tanggal 7-8 Agustus 2019 di masing-masing kelas X dan XI baik jurusan IPA maupun IPS. Kegiatan ini juga melibatkan dosen dan mahasiswa lainnya. Materi penyuluhan ini meliputi pengantar literasi digital, internet sehat dan aman serta antisipasi hoaks.

Kemudian pada tanggal 12 Agustus 2019 dilakukan pelatihan pembuatan dan penggunaan blog bagi 20 siswa SMAN 1 Dayeuhkolot yang merupakan anggota Information Technology Club Dayeuhkolot (ITCD). Pelatihan blog ini bertempat di Laboratorium Dasar Komputer, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom. Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi literasi digital dalam rangka penggunaan internet sehat dan aman. Pada pelatihan blog, siswa dikenalkan mengenai dasar blog dan cara membuatnya. Siswa juga diajarkan untuk membuat blog dengan memperhatikan konten yang dipublikasikan tanpa ada unsur plagiat.