Selamat datang di website Prodi S1 Teknik Telekomunikasi Telkom University

ICT Services for Community – Pelatihan Aplikasi Photoshop sebagai Media Pemasaran Produk Fashion untuk Divisi Fashion IPEMI Bandung

Dengan mengangkat tema ICT Services for Community (ICS), tim dosen dari kelompok keahlian Transmisi Telekomunikasi ( KK Transtel ), Prodi S1 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh anggota dari ikatan pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Bandung pada hari Kamis, 16 Mei 2019. Kegiatan ICS kali ini mengusung tema: “Pelatihan Aplikasi Photoshop sebagai Media Pemasaran Produk Fashion untuk Divisi Fashion IPEMI Bandung”. Pelaksanaan kegiatan diselenggarakan bertempat di salah satu Gedung di Universitas Telkom, Gedung Barung, N-314. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari jam 09.00 WIB dan berakhir pada jam 13.00 WIB. Kegiatan ini diselenggarakan  oleh 3 orang  dosen dari KK Transtel, diketuai oleh Bapak A. Ali Muayyadi dan dibantu oleh 4 mahasiswa dan diikuti oleh sekitar 10 orang perwakilan dari anggota IPEMI Bandung.

 

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh keadaan anggota IPEMI Bandung yang sebagian besar masih belum menguasai teknologi informasi dengan maksimal. Beberapa anggota dari IPEMI Bandung masih melakukan pemasaran produk dengan menggunakan foto seadanya, dan beberapa menggunakan jasa photoshoot untuk mengambilan visual yang lebih baik namun karakter branding yang ingin ditampilkan belum terlihat dengan baik. Oleh sebab itu melalui ICT services for community, tim dosen dari KK Transtel mengusulkan untuk melaksanakan pelatihan aplikasi photoshop yang nantinya diharapkan bisa membantu anggota IPEMI untuk membuat media pemasarannya sehingga lebih menampilkan branding dari setiap anggota. Usulan ini disambut baik oleh ketua IPEMI regional Jawa Barat, Ibu Siti Nurlaila.

 

 

Adobe Photoshop, atau yang dikenal juga sebagai Photoshop merupakan perangkat lunak editor citra dari Adobe systems yang dikhususkan pada proses edit foto/gambar. Pelatihan Photoshop yang diberikan kepada para peserta diantaranya adalah :

a. Membuat background sesuai karakter branding masing-masing brand,

b. Mengedit foto ke dalam background yang telah dilakukan pada point (a),

c. Mengedit beberapa foto ke dalam satu layer,

d. Mengedit kualitas foto baik itu contrast, brightness, dll.

 

Dalam pelaksanaannya pelatihan ini mendapat sambutan baik dari peserta dan mengharapkan adanya pelatihan lanjutan. Sedikit kendala yang dihadapi pada pelaksanaan adalah perangkat komputer peserta tidak compatible dengan software sehingga tidak dapat diinstall.