IT Support untuk Pendataan Warga Non-Permanen di Desa Sukapura Kecamatan Dayeuh Kolot Kabupaten Bandung

Pada Hari Kamis tanggal 2 Mei 2019 telah berlangsung kegiatan Pengadian Masyarakat di Aula Kantor Balai Desa Sukapura Kabupaten Bandung. Pihak aparatur desa menerima dengan sangat baik kedatangan kami dari perwakilan kampus Universitas Telkom dimana dalam hal ini diwakili oleh Ibu Desti Madya Putri selaku dosen prodi S1 Teknik Telekomunikasi dengan beberapa mahasiswa kampus Universitas Telkom. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergi perguruan tinggi guna mempertegas perannya untuk membantu mengembangkan Desa Sukapura menjadi desa percontohan penerapan IT.

Dalam sambutannya, pihak aparatur desa yang diwakili oleh Bapak Toat selaku Kasi Perencanaan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak kampus Universitas Telkom yang telah memberikan pendampingan kepada aparatur desa dalam hal pemanfaatan teknologi untuk mendata informasi warganya, baik warga tetap maupun warga pendatang sementara. Pak Toat mengatakan hal ini dirasa sangat penting dalam mewujudkan Desa Sukapura menjadi desa IT seperti program yang dicanangkan oleh pemerintah Kabupaten Bandung. Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan bahwa pihak kampus sudah beberapa kali membantu dalam pengembangan Desa Sukapura.

 

 

Pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut, pihak kampus yang diwakili oleh 1 dosen dan 3 mahasiswa memberikan pendampingan kepada aparatur daerah Sukapura dalam hal pemanfaatan aplikasi Google Form untuk mempermudah pendataan warga pendatang maupun warga tetap yang berada di wilayah Sukapura. Selama ini aparatur daerah masih menggunakan sistem yang tradisional dalam mendata warganya yaitu dengan menggunakan himbauan ataupun mendatangi warganya satu persatu untuk didata, yang pada akhirnya mendatangkan masalah baru lagi yaitu data yang tidak valid atau selalu berubah-ubah karena banyaknya warga yang datang dan pindah setiap tahun bahkan setiap bulan. Menurut Desti selaku dosen pendamping mengatakan bahwa program Pengabdian Masyarakat ini sebagai bentuk sinergi pihak kampus untuk mengatasi permasalahan aparatur Desa Sukapura dalam hal pendataan warganya dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu aplikasi Google Form.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini ditutup dengan pernyataan dari pihak kampus bahwa pihak kampus akan selalu berkomitmen untuk tetap memberikan pendampingan kepada aparatur Desa Sukapura dan bersinergi dalam mewujudkan Desa Sukapura sebagai desa yang dapat menerapkan IT.