Selamat datang di website Prodi S1 Teknik Telekomunikasi Telkom University

Pelatihan Microsoft Office bagi Lembaga Desa Cipagalo

Pada hari Selasa – 30 April 2019, tim dosen dari kelompok keahlian Transmisi Telekomunikasi , di bawah program S1 Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom, telah mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan perangkat Desa Cipagalo, Kabupaten Bandung. Kegiatan ini mengangkat tema “ICT SERVICES COMMUNITY (ISC) : PELATIHAN APLIKASI OFFICE SEBAGAI APLIKASI PENUNJANG KEGIATAN ADMINISTRASI UNTUK LEMBAGA-LEMBAGA DI DESA CIPAGALO. Pelatihan ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB di Laboratorium Dasar Komputer / N109, dengan jumlah peserta 15 orang. Pemateri dari pelatihan ini sendiri adalah beberapa dosen dari KK transtel, dibantu dengan 3 orang mahasiswa Teknik Telekomunikasi.

Seperti yang telah diketahui bersama, Microsoft Office merupakan software yang sangat mendukung kegiatan administrasi dalam berbagai bidang dalam zaman serba digital seperti saat ini. Terdapat tiga produk Microsoft Office yang sangat sering digunakan, yaitu Microsoft Word, Microsofr Excel, dan Microsoft Power Point.

 

 

Microsoft Word adalah perangkat lunak andalan Microsoft sebagai program pengolah kata. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk membuat surat, proposal, laporan, makalah dan berbagai macam dokumen lainnya. Sementara Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang dapat digunakan sebagai pengolah angka secara otomatis meliputi perhitungan dasar, perhitungan fungsi-fungsi, grafik dasar, dan manajemen data. Berbagai perhitungan matematika dasar sudah terprogram dalam perangkat lunak ini sehingga untuk pengolahan angka dalam bentuk penambahan, pengurangan, ataupun menentukan rata-rata dari suatu nilai tidak perlu lagi dihitung secara manual. Dan terakhir yaitu Microsoft Power Point, merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mempresentasikan sesuatu dengan tampilan terdiri dari susunan slide yang sudah terisi poin-poin penting untuk dipresentasikan. Tampilan bar dari Microsoft Power Point tidak berbeda jauh dari Microsoft Word karena bagaimana pun juga, kedua perangkat lunak tersebut sama-sama berfungsi sebagai program pengolah kata.

Pada sekolah-sekolah dasar dan menengah saat ini kebanyakan sudah mengajarkan atau memasukkan materi tentang cara penggunaan Microsoft Office dalam kurikulumnya, contohnya dibuat mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Namun itu baru diterapkan dalam 10 tahun belakangan ini, sehingga generasi sebelumnya perlu mempelajari cara penggunaan Microsoft Office secara otodidak. Namun, beberapa siswa dan mahasiswa masih ada yang terlalu meremehkan cara penggunaan Microsoft Office dengan benar sehingga terkadang masih ada dari mereka yang kurang efisien dalam menggunakannya.

Hal itulah yang melatarbelakangi diadakannya pelatihan Microsoft Office yang diharapkan dapat memperlancar perangkat-perangkat Desa Cipagalo dalam melakukan urusan administrasi. Di luar itu, tujuan utama diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan kepedulian dan peran serta civitas akademik baik dari dosen maupun mahasiswa di lingkungan Universitas Telkom dalam membantu masyarakat serta menjadi ajang latihan dan pengalaman terjun ke masyarakat.